Hari Kartini dan Ibu Penyapu Jalan

13007263_10153478206816611_5750136640822098997_n

Si ibu ini… Serius banget nyapu jalan di tengah hujan. Tapi sambil mempersilakan orang lewat. Lalu, pas di depan mobil gw agaknya sadar difoto lalu dia tersenyum menyapa selamat pagi.

Jadi inget quote Martin Luther King Jr. yang bilang:
“If a man is called to be a street sweeper, he should sweep streets even as a Michaelangelo painted, or Beethoven composed music or Shakespeare wrote poetry. He should sweep streets so well that all the hosts of heaven and earth will pause to say, ‘Here lived a great street sweeper who did his job well.”

Dan kemudian kepikiran mungkin itulah pesan Hari Kartini yang sesungguhnya. Seperti Kartini yang terus belajar dan mengajar sekalipun terpaksa harus tunduk pada tradisi, pada orangtua, pada suami yang sudah punya dua istri lain…

  • Milikilah sebuah tujuan (bahkan seandainya tujuan itu layaknya mimpi), dan teruslah bekerja dan berusaha mencapai tujuan itu, sekalipun situasi dan kondisi tidak mendukung.
  • Lakukanlah yang terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu di tengah situasi apapun kamu ditempatkan.
  • Sampaikan mimpimu kepada orang lain, yang mungkin akan menyampaikannya kepada orang lain lagi, dan kemudian bisa saja mimpi itu akhirnya menginspirasi banyak orang.
  • Sekalipun mimpimu tampaknya tidak akan mungkin terwujud dalam kehidupanmu, tetap jalankan sekuat tenagamu, karena mungkin apa yang kamu lakukan membantu orang lain mencapai mimpi mereka.

Selamat hari Kartini, segenap penduduk Indonesia!

Terima kasih, ibu penyapu jalan, untuk kerja kerasmu yang membuat jalan raya menjadi bersih, aman dan nyaman untuk kami yang melewatinya. Dan terima kasih untuk senyuman yang membagikan semangat di pagi hari sekalipun hujan tak henti-henti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *